Monday, August 8, 2016

Skema Elektronika Gratis dan Terbaru

skema elektronika gratis
Skema Elektronika Gratis dan Terbaru - Pada artikel sebelum-sebelumnya, belajarelektronika.net sudah banyak berbagi informasi mengenai skema atau rangkaian elektronika. Jika anda ingin membacanya, bisa langsung klik link rangkaian elektronika. Di sana banyak sekali info mengenai rangkaian elektronika, baik yang sederhana sampai yang rumit.
Dan pada kesempatan kali ini kami akan kembali berbagi informasi yang masih seputar skema rangkaian elektronika. Namun sebelumnya akan kami jelaskan sedikit mengenai apa itu rangkaian elektronika. Secara sederhana, rangkaian elektronika dapat didefinisikan sebagai kumpulan komponen elektronika yang tersusun sedemikian rupa sehingga memiliki fungsi tertentu.

Skema Elektronika Gratis

Pastinya anda semua juga sudah tahu bahwa bagi orang-orang yang baru belajar mempelajari elektronika, sebaiknya membuat rangkaian elektronika sederhana saja. Karena selain mudah, bahan atau komponen yang diperlukan untuk membuatnya juga tak banyak sehingga minim biaya.
Selain itu saat rangkaian mengalami masalah, anda juga akan mudah melakukan troubleshooting atau memperbaikinya. Namun jika anda sudah memiliki skill elektronika yang mumpuni, bisa coba membuat rangkaian elektronika yang rumit sekalipun. Berikut ini adalah beberapa contoh rangkaian elektronika gratis.
a. Skema Rangkaian Robot Line Follower
rangkaian robot line follower
Robot line follower merupakan robot sederhana yang memiliki prinsip kerja mengikut garis hitam putih dengan memanfaatkan sensor photo dioda. Output dari rangkaian ini adalah motor DC yang diatur kecepatannya. Rangkaian ini termasuk jenis rangkaian elektronika yang cukup sederhana.
b. Skema Rangkaian Pengusir Tikus
skema rangkaian elektronika pengusir tikus
Rangkaian elektronika pengusir tikus dapat digunakan sebagai alat mengusir tikus. Prinsip kerja dari rangkaian ini adalah memanfaatkan output speaker yang mampu mengeluarkan suara ultrasonic yang tidak disukai tikus, namun tidak terdengar di telinga manusia.
c. Skema Rangkaian Lampu Jalan Otomatis
rangkaian lampu jalan otomatis
Seperti namanya, rangkaian ini dapat menyalakan dan mematikan lampu jalan secara otomatis. Prinsip kerja dari rangkaian ini adalah menggunakan sensor cahaya sebagi pengatur mati nyalanya lampu. Lampu akan otomatis menyala saat kondisi gelap, begitu juga sebaliknya.
Demikian sedikit informasi mengenai skema elektronika gratis. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat sekaligus inspirasi bagi para pembaca setia belajarelektronika.net semuanya. Sampai jumpa dan jangan lupa untuk membaca artikel lain mengenai belajar elektronika untuk pemula.

No comments:

Post a Comment