Tuesday, September 6, 2016

KULIAH JURUSAN MANAJEMEN ITU SEPERTI APA YA?

MFE-KULIAH JURUSAN MANAJEMEN ITU SEPERTI APA YA?- Materi Kuliah Sedang mencari informasi tentang Jurusan Manajemen di perguruan tinggi? Mau tau selak beluknya tentang perkuliahan manajemen? Jika ya, kamu beruntung sekali. Pada kesempatan ini kita akan membahas tuntas mengenai Bagaimana sih Perkuliahan Manajemen?
 
Sebelumnya ada beberapa hal yang harus sobat ketahui tentang jurusan manajemen. Jurusan manajemen merupakan salah satu jurusan favorit di berbagai perguruan tinggi. Pada SBMPTN 2015, jumlah peminat jurusan manajemen menempati posisi keempat tertinggi dengan 3.885 peminat. Selain itu pada perguruan tinggi swasta (PTS), jurusan ini selalu menempati posisi nomor satu dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB).

Sumber:
http://imagesdaily.blogspot.co.id/

Jurusan manajemen banyak diminati dikarenakan peluang kerjanya yang sangat luas. Setiap perusahaan yang berdiri takkan terlepas dari kebutuhan akan lulusan manajemen di setiap divisi mereka, baik itu personalia, produksi, pemasaran, maupun di divisi keuangan. Lebih lengkap lagi, berikut ini merupakan prospek karier seorang lulusan manajemen:

  1. Excecutive Staff Personalia dan SDM, Excecutive Staff Pemasaran, Excecutive Staff Produksi, Excecutive Staff Keuangan
  2. Administrator Keuangan, Administrator Personalia dan HRD, Administrator Pemasaran, atau Administrator Produksi
  3. Manajer di berbagai bidang
  4. Analis Pasar 
  5. Analis Saham dan Pasar Modal
  6. Analis Mutu Produk
  7. Supervisor
  8. Direktur atau juga Komisaris
  9. Wirausahawan
  10. Staff Penagajar baik Dosen maupun Guru Ekonomi, dan lain sebagainya.


KONSENTRASI JURUSAN MANAJEMEN

Karier dalam jurusan manajemen banyak dicetak dari adanya konsentrasi jurusan dalam manajemen itu sendiri. Adapun konsentrasi didalam jurusan manajemen pada umumnya ialah sebagai berikut:

Manajemen Keuangan

Pada konsentrasi ini, mahasiswa peminatnya akan banyak mempelajari mengenai analisa dan teknik pengelolaan keuangan suatu perusahaan. Adapun analisa yang dimaksud ialah lebih banyak pada analisa laporan keuangan dalam hal menilai kesehatan keuangan perusahaan. Selain itu, pada konsentrasi ini peminatnya akan diajarkan pula pada apa saja yang mempengaruhi tingkat keuangan perusahaan.

Manajemen Pemasaran

Pada konsnetrasi ini, mahasiswa peminatnya akan lebih banyak memfokuskan pada teknik pemasaran usaha. Adapun teknik pemasaran ini tak terlepas dari analisa bauran pemasaran seperti Product, Price, Place, Promotion (4P). Selain itu peminat konsentrasi ini diajarkan pula dalam hal melihat peluang pasar dan cara memanfaatkannya, serta apa saja yang dapat mempengaruhi tingakt pemasaran produk tersebut.

Manajemen Sumber Daya Manusia (M-SDM)

Pada konsentrasi ini mahasiswa peminatnya akan banyak terfokus pada pengelolaan sumberdaya manusia (SDM) dala suatu organisasi. Pengelolaan ini dimaksudkan untuk dapat meningkatkan kinerja atau produktivitas kerja karyawan. Pada konsentrasi ini peminatnya akan banyak mempelajari bagaimana seorang pimpinan dapat mengelola tenaga kerja yang ada untuk mencapai tujuan perusahaan dan apa saja faktor yang menyebabkan tenaga kerja menjadi menurun produktivitas kerjanya.


Manajemen Operasional

Pada konsentrasi ini mahasiswa pemniatnya akan banyak memfokuskan pada analisa produk mulai dari saat pengiriman, pembuatan, hingga proses pengiriman produk. Selain itu konsentrasi ini juga banyak menganalisa mengenai letak perusahaan dan hubungannya dengan kelancaran proses distribusi produk hingga sampai pada tangan konsumen. Konsentrasi ini juga lebih fokus pad kajian mutu dan quality control suatu produk sehingga lulusan dari konsentrasi ini akan banyak dicari oleh industri.



MATA KULIAH JURUSAN MANAJEMEN

Berbicara mengenai konsentrasi jurusan pasti tak terlepas donk dengan mata kuliah yang diajarkan. Adapun pada umumnya mata kuliah yang diajarkan di jurusan manajemen ialah sebagai berikut:

MPK (MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN)
  1. Pendidikan Agama
  2. Pendidikan Kewarganegaraan
  3. Pendidikan Pancasila
  4. Bahasa Indonesia
  5. Bahasa Inggris Bisnis
  6. Ilmu Alamiah Dasar
  7. Ilmu Budaya Dasar 

MKK (MATA KULIAH KEAHLIAN DAN KETERAMPILAN)
  1. Ekonomi Mikro
  2. Ekonomi Makro
  3. Pengantar Akuntansi (dipelajari sampai beberapa semester)
  4. Pengantar Bisnis
  5. Pengantar Manajemen
  6. Matematika Ekonomi
  7. Matematika Bisnis
  8. Statistik (biasanya dipelajari hingga 2 semester)
  9. Pengantar Aplikasi Komputer
  10. Kewirausahaan
  11. Ekonomi Koperasi
  12. Komputerisasi Statistik Bisnis / Laboratorium Statistik

MPB (MATA KULIAH PERILAKU BERKARYA)
  1. Perilaku Organisasi
  2. Metode Penelitian
  3. Manajemen Investasi
  4. Anggaran Perusahaan
  5. Perpajakan
  6. Hukum Bisnis
  7. Ekonomi Manajerial
  8. Ekonomi Internasional
  9. Komunikasi Bisnis
  10. Analisis Kuantitatif
  11. Perekonomian Indonesia
  12. Etika Bisnis

MKB (MATA KULIAH KEAHLIAN BERKARYA)
  1. Manajemen Pemasaran (dipelajari hingga beberapa semester)
  2. Manajemen Keuangan (dipelajari hingga beberapa semester)
  3. Manajemen SDM (dipelajari hingga beberapa semester)
  4. Manajemen Operasi dan Produksi (dipelajari hingga beberapa semester)
  5. Manajemen Strategik
  6. Akuntansi Biaya
  7. Akuntansi Manajemen
  8. Riset Operasi
  9. Sistem Informasi Manajemen
  10. E-Commerce
  11. Studi Kelayakan Bisnis
  12. Analisa Laporan Keuangan
  13. Laboratorium Manajemen Keuangan dan Akuntansi 

MATA KULIAH KONSENTRASI JURUSAN
KONSENTRASI MANAJEMEN PEMASARAN
  1. Riset Pemasaran
  2. Manajemen Pemasaran Jasa (sering juga disebut Pemasaran Jasa)
  3. Manajemen Pemasaran Internasional
  4. Perilaku Konsumen

KONSENTRASI MANAJEMEN KEUANGAN
  1. Manajemen Keuangan Internasional
  2. Analisis Sekuritas dan Portofolio
  3. Analisis Kinerja Keuangan
  4. Manajemen Resiko

KONSENTRASI MANAJEMEN SDM
  1. Total Quality Management (TQM)
  2. Manajemen Kinerja dan Kompensasi
  3. Manajemen Pelatihan dan Pengembangan SDM
  4. Teknik Perencanaan Tenaga Kerja

KONSENTRASI MANAJEMEN OPERASIONAL
  1. Manajemen Mutu Produk
  2. Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain Management)
  3. Manajemen Proyek

SARAN BAGI KAMU YANG TERTARIK BERGABUNG DI JURUSAN MANAJEMEN

  1. Sebelum kamu mengambil keputusan mengambil jurusan manajemen di PTN, ada baiknya kamu survei terlebih dahulu peta persaingan jurusan manajemen di setiap PTN, karena jurusan ini merupakan jurusan yang paling berat persaingannya di Fakultas Ekonomi.
  2. Dalam jurusan manajemen banyak dituntut untuk berpikir analitis dan kritis, oleh sebab kamu harus biasakan dalam menyikapi sesuatunya secara bijak dan berdasarkan data yang valid (akurat). Orang manajemen akan selalu berpatokan pada sesuatu yang sudah valid dan bukan rekayasa.
  3. Biasakanlah dalam memahami perhitungan dasar matematika, terutama bagi kamu yang memiliki bayangan mengambil konsentrasi manajemen keuangan. Hal ini dikarenakan diseluruh bidang konsentrasi manajemen tak terlepas dari analisa penelitian yang berisi hitung-hitungan. Kalaupun tidak mahir, maka setidaknya paham alur perhitungannya akan kemana.
  4. Dalam jurusan manajemen, kita tidak hanya menganalisa mengenai kehidupan di perusahaan  saja, namun kehidupan luar perusahaan harus benar-benar kita pahami. Untuk itulah maka penting bagi kamu untuk mempelajari secaa intens dasar-dasar ekonomi mikro dan makro pada semester awal.

Keywords:
  1. Apa sih itu Jurusan Manajemen
  2. Fakultas Manajemen
  3. Jurusan Manajemen
  4. Fakultas Ekonomi Bisnis Manajemen
  5. Mata Kuliah Jurusan Manajemen
  6. Prospek Karier Jurusan Manajemen
  7. Konsentrasi Jurusan Manajemen Keuangan
  8. Konsentrasi Jurusan Manajemen Pemasaran
  9. Konsentrasi Jurusan Manajemen Sumberdaya Manusia
  10. Konsentrasi Jurusan Manajemen Perbankan
  11. Bagaimana menjadi Manajer?

No comments:

Post a Comment